Kamis, 18 Mei 2017

Ulasan 1: Hak Kekayaan Intelektual

Ulasan pertama ini akan mengulas video berjudul HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Video ini berdurasi 9 menit 15 detik dan telah ditonton 548 kali. Video ini dipublikasikan oleh Indri Yuli Kurniawati dan dapat diakses melalui link berikut: https://youtu.be/Pv1Mf6hLmXw

Video ini membahas mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). HAKI merupakan suatu perlindungan hukum yang diberikan oleh negara kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya cipta yang dibuat. HAKI terdiri dari hak cipta (copyrights) dan hak kekayaan industri. Selain itu, terdapat juga hak kekayaan industri yang terdiri dari hak paten dan hak merek. Adapula rahasia dagang yang merupakan suatu informasi teknologi atau bisnis yang tidak diketahui publik.

HAKI memiliki fungsi dan manfaat yaitu pertama sebagai bukti kepemilikan hak kekayaan intelektual. Selain itu, HAKI juga dapat berfungsi sebagai pencegahan terjadinya penjiplakan barang, produk, maupun karya yang diciptakan. Negara juga mengatur hal ini dalam Undang Undang Hak Cipta, yang mana dituliskan bahwa pelanggar hak cipta dapat dikenakan sanksi pidana.

Menurut saya, video ini cukup menarik untuk ditonton. Video tersebut dapat menjelaskan mengenai HAKI dengan singkat dan jelas beserta visualisasi yang menarik. Selain itu, video ini juga memberikan informasi-informasi yang sangat bermanfaat. Video ini dapat menjadi salah satu referensi pembelajaran Sistem Operasi mengenai Hak Kekayaan Intelektual.


Github Account : ratriayu
Pemetaan : Week02
Revisi Pertama : 18 Mei 2017
Revisi Terakhir :  18 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar